Home » » AUDIT SILANG?

AUDIT SILANG?

Written By Unknown on Jumat, 01 November 2013 | 08.36


AUDIT SILANG ?
Oleh: PL Glenmore

Audit adalah pemeriksaan terhadap laporan keuangan dan aspek lainnya sesuai dengan keperluan perusahaan atau lembaga yang dilakukan secara sistematik sesuai prinsip akuntansi. Pada umumnya audit dilakukan untuk mengetahui kesesuaian laporan keuangan dan aspek lainnya terkait dengan kepentingan lembaga/perusahaan misalnya tentang manajemen keuangan. Dan, biasanya auditor bukanlah sembarangan orang, namun ada kriteria kriteria khusus dan sudah mendapatkan licensi dari pihak berwenang. Auditor bisa dari intern dan bisa dari ekstern lembaga.

Pemeriksaan Administrasi di Desa Sempu



PNPM MPd sekabupaten banyuwangi secara serentak melaksanakan audit terhadap laporan keuangan sampai pada cek fisik dilapangan diseluruh kecamatan penerima kegiatan PNPM MPd.  Pada program PNPM MPd, audit semacam itu lebih populer dengan audit silang atau pra audit, dikatakan demikian, karena dilakukan secara acak dan dilakukan oleh sesama pelaku PNPM MPd, misalnya, PNPM MPd Kecamatan Glenmore mengaudit  Kecamatan Sempu, Kecamatan Glenmore di audit oleh Kecamatan Tegalsari dan Kecamatan Sempu mengaudit kecamatan yang lain.

Tim dari PNPM MPd kecamatan glenmore selaku auditor terdiri dari empat orang Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan Satu orang Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang di dampingi oleh Fasilitator Pemberdayaan yaitu Fauziyah, S.Sos dan Pendamping Lokal. Kedatangan kami disambut dengan hangat serta penuh kekeluargaan oleh Bang Thoyib selaku Fasilitator di kecamatan sempu. Kemudian, kami dipandu langsung oleh ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK)dan pelaku-pelaku terkait untuk turun kedesa-desa yang menjadi tujuan pemeriksaan.

untuk melihat dokumentasi kegiatan audit silang tahun 2014 silahkan klik buka/tutup



untuk melihat dokumentasi kegiatan audit silang tahun 2013 silahkan klik buka/tutup


























Adalah hal positif, dimana proses koreksi, mawas diri dan mengevaluasi diri sendiri sangat penting sebelum proses tersebut dilakukan pihak lain karena kita tidak akan pernah mampu mengevaluasi dengan sempurna terhadap kekurangan kita sendiri. Karena bertujuan untuk saling berbenah dan saling mengingatkan kekurangan sehingga semuanya sesuai dengan tujuan program adalah tujuan dari audit silang di PNPM MPd. Dan tentu saja, hal ini adalah sesuatu yang wajar dilakukan dalam proses transformasi tata kelola budaya untuk bisa menerima pembelajaran menuju kemandirian desa yang sejahtera, bukan?...


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Sabtu, 14 Desember 2013 pukul 08.11.00 PST

huz..

Posting Komentar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Glenmore - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger