Home » » PELATIHAN KADER TEHNIK

PELATIHAN KADER TEHNIK

Written By Unknown on Minggu, 31 Agustus 2014 | 07.56

Pelatihan Kader Tehnik



Salah satu sasaran pembangunan adalah terwujudnya sarana prasarana dii desa yang berkualitas baik, untuk mewujudkan kualitas sarana yang baik maka desa harus mampu mengelola kegiatan sarana prasarana mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan pelestarian yang baik pula.
Desa mampu mengelola kegiatan sarana prasarana dengan baik dibutuhkan kader teknik yang mempunyai kemampuan ilmu dasar teknik sipil, mampu menggerakkan masyarakat dalam keterlibatan pelaksanaan, pengawasan, pelestarian sarana prasarana desa.

Keberadaan Fasilitator Teknik di kecamatan sebagai pendamping masyarakat mempunyai kewajiban meningkatkan kapasitas masyarakat dengan mengkader masyarakat sebagai Kader Teknik, fungsi fasilitator sebagai orang yang mempunyai tanggungjawab meningkatkan kapasitas masyarakat belum berfungsi secara optimal

Untuk menjamin kualitas pelaksanaan kegiatan yang tetap mengacu pada prinsip dan mekanisme PNPM Mandiri Perdesaan, maka perlu adanya persiapan yang matang dan terencana. Persiapan ini lebih ditujukan pada penyiapan aspek sumber daya manusia, yakni seluruh pelaku PNPM Mandiri Perdesaan termasuk masyarakat, khususnya dalam hal ini adalah KT. Oleh karena itu menjadi sangat perlu untuk memberikan pelatihan sebelum pelaksanaan kegiatan demi tercapainya kualitas yang sesuai dengan prinsip PNPM Mandiri Perdesaan.

Dengan dasar jaminan kualitas pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan prinsip PNPM Mandiri Perdesaan, berarti menjadi suatu yang mutlak bahwa penyiapan SDM KT yang berkarakter jujur, amanah dan cerdas sesuai prinsip PNPM Mandiri Perdesaan adalah hal yang sangat penting tertanam dalam tubuh KT.

Adapun tujuan pelatihan adalah:
  1. Peserta bisa menyebutkan manfaat Peta Sosial
  2. Peserta mampu menyebutkan tahapan pembuatan Peta Sosial
  3. Peserta mampu membuat peta sosial dengan melakukan simulasi
  4. Peserta mampu membuat peta
  5. Peserta mampu mensimulasikan pembuatan peta
  6. Peserta mengetahui tupoksi sebagai kader teknik
  7. Peserta mengerti karakter yang diharapkan dari seseorang cocok sebagai Kader Teknik
  8. Peserta mampu memberikan Contoh Format buku material
  9. Peserta mampu membuat Matrik Ciri Khas
  10. Peserta mampu membuat Soal untuk pengisian buku material 
  11. Peserta mampu mengukur dengan benar dan menghitung volume sebuah bangun
  12. Peserta mampu membuat gambar sketsa bangunan sederhana
  13. Peserta mampu menghitung VAP dan MAP sesuai dengan SAP
  14. Peserta mampu menghitung volume beberapa bangunan yang ada pada kontruksi bangunan ( Menghitung volume fondasi, pasangan bata dll )
  15. Peserta bisa menggunakan perhitungan rumus tujuh untuk memudahkan kegiatan perhitungan dilapangan
Merujuk pada aspek prinsip PNPM Mandiri Perdesaan sendiri serta penyiapan SDM Pelaku yang profesional dan proposional, mempunyai kemampuan yang berkompeten dan dedikatif adalah sebuah keharusan. Dan, pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kualitas merupakan sebuah upaya yang harus ditempuh. Artinya, dalam sebuah tahapan, proses mengambil dan membuang, memberi dan menerima, melaksnakan dan melestarikan, adalah sesuatu yang sudah biasa terjadi untuk menjadi lebih baik dan lebih bermutu dalam sebuah program, Bukan?...

untuk melihat dokumentasinya silahkan Klik Buka di bawah ini
 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Glenmore - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger